Mengulik 4 Istilah Sebelum Membeli Mixer Audio

Setelah melakukan rekaman, anda perlu melakukan beberapa tahap lanjutan salah satunya pencampuran suara. Setiap suara yang terekam dapat diolah kembali dengan bantuan mixing konsol atau biasa disebut mixer. Alat satu ini tersedia dalam beberapa pilihan, yaitu berdasarkan jumlah input dan output sesuai kebutuhan. Melalui laman jual mixer audio ini, anda lebih dulu diajak memahami istilah dalam mixer sebelum memakainya. Yuk cari tahu di sini!

Istilah yang Dipakai dalam Mixing Console atau Soundboard

1. Channel

Bagian terpenting dari konsol ini jadi salah satu pertimbangan utama saat anda akan beli perangkat mixer. Terdapat beberapa pilihan jumlah channel, sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan anda. Istilah satu ini berhubungan dengan jumlah input yang biasanya dipakai untuk menghubungkan dengan perangkat eksternal lain. Mulai dari mic, amplifier, preamp, dan lain lain yang berguna untuk mendukung kualitas produksi rekaman yang anda lakukan.

2. EQ atau Equalizer

Fungsi dari alat satu ini mengubah atau mengatur frekuensi yang akan dipakai dalam setiap channel. Melalui suatu laman jual mixer audio telah dipaparkan bahwa cara pengaturannya seperti tombol switch yang bisa digeser untuk mengatur frekuensi channel. Fitur satu ini tidak mungkin dihilangkan di setiap mixer, baik untuk perangkat portable maupun studio. Yang jadi pembeda dari keduanya, yaitu dari segi jumlah yang terdiri atas dua band, tiga band atau lebih.

3. Bus

Istilah satu ini sering kali asing dan tidak dipahami oleh orang awam, sebab rancu dengan kata lainnya. Lebih populer disebut sebagai sirkuit yang mengirim sinyal audio ke perangkat tambahan. Adanya fitur satu ini menunjang proses rekaman, terutama saat membutuhkan line out yang banyak untuk beberapa perangkat. Mulai dari headphone, speaker, monitor, efek eksternal, dan lain lain. Bus terdiri atas dua input, yaitu aux dan stereo bus dengan fungsi yang berbeda.

4. Kontrol Level

Jadi salah satu panel yang penting dalam proses rekaman, karena berfungsi untuk mengatur volume, tone, atau efek yang akan dipakai. Ada pilihan knob atau switch yang ditawarkan oleh laman jual mixer audio ini. Fungsi utamanya tak hanya mengatur volume, tetapi juga bisa anda manfaatkan untuk mengatur channel serta group. Kedua bentuk control level ini dapat dipakai dengan tingkat kenyamanan yang berbeda karena setiap pengguna memiliki favoritnya masing masing.

Melakukan rekaman di suatu studio tentu menginginkan hasil yang maksimal, begitu pula setelah melalui proses editing. Untuk mencapai target yang diinginkan, anda bisa memakai mixer sebagai pengatur atau pencampur suara. Tak hanya mengatur volume, tetapi juga bisa mengatur efek suara yang beragam. Goshen.co.id sebagai laman yang menawarkan mixer terbaik ini telah terpercaya dengan kualitas produk serta harga yang bersaing dengan kompetitor lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *