Mengintip Cara Merawat Speaker Aktif Agar Tetap Awet

Mendengarkan dengan menggunakan speaker tentu akan terasa lebih mengasyikkan. Namun terkadang sebagian orang terus menggunakan speaker tersebut, tanpa memperhatikan perawatan untuk perangkat elektronik satu itu. Padahal meski speaker aktif terbaik pun, bila tidak dibarengi dengan perawatan maka akan berakibat fatal. Salah satunya yaitu suara speaker menjadi tidak optimal lagi. Lantas bagaimana cara merawatnya? Simak pada ulasan berikut.

Merawat Speaker Agar Tetap Berkualitas

  1. Lepaskan Kabel Bila Tidak Digunakan

Beberapa orang terkadang sering lupa dan membiarkan kabel power speaker terus terhubung dengan stop kontak. Tanpa disadari, ternyata hal ini bisa membuat speaker aktif menjadi lebih mudah rusak. Oleh karena itu, anda sebaiknya melepaskan kabel power jika sedang tidak digunakan selama berhari hari. Selain bisa menjaga kualitas dari speaker anda, hal ini akan menghemat konsumsi daya listrik yang ada.

  1. Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu ruangan tentu juga sangat berpengaruh terhadap kualitas suara pada perangkat musik, salah satunya yaitu speaker. Menyimpan speaker atau menggunakannya pada lingkungan yang terlalu panas, bisa menyebabkan kualitas dari suara menurun secara perlahan. Hal ini juga bisa memperpendek jangka hidup dari speaker aktif terbaik yang anda miliki. Oleh sebab itu, tempatkanlah perangkat speaker ini pada ruangan yang sejuk serta jauhkan dari sinar matahari langsung.

Selain suhu ruangan, anda juga perlu memberi perhatian pada tingkat kelembaban yang ada. Ruangan yang memiliki kelembaban tinggi, ternyata juga tidak baik pada speaker, jadi simpan speaker pada ruangan dengan suhu yang seimbang. Jika anda terpaksa membawa speaker di luar ruangan, pastikan bahwa alat tersebut tidak terkena curah hujan. Karena air hujan dalam jumlah sedikit saja juga bisa merusak kerucut bass speaker internal.

  1. Dibersihkan Secara Rutin

Debu merupakan salah satu musuh terbesar speaker. Akan tetapi menghindari debu seperti adalah hal yang cukup mustahil. Maka solusi yang bisa anda lakukan yaitu menggunakan penyedot debu untuk membersihkan bagian speaker secara berkala. Jangan pernah membiarkan debu terus menumpuk pada speaker aktif anda, karena bisa mempengaruhi kualitas suaranya. Selain itu, jangan pernah membersihkan speaker dengan air atau lap basah.

  1. Kenali Kemampuan Speaker

Cara merawat speaker lainnya agar kualitas suaranya tetap terjaga, adalah dengan memahami kemampuan dari suara yang dihasilkan. Karena jika anda memaksakan kemampuan speaker, maka bisa membuat membran loud nya menjadi cepat rusak. Pada saat menggunakan speaker aktif terbaik, pastikan volumenya music tidak lebih dari 75 persen agar suara yang terdengar tetap nyaman.

Penutup

Selain itu, anda juga harus memastikan volume pada speaker telah dikecilkan saat hendak menonaktifkannya. Beberapa cara tersebut bisa membuat umur perangkat speaker anda lebih lama. Membeli produk speaker terbaik juga tentunya menentukan awet tidaknya alat elektronik tersebut. Dengan membeli produk di Bliaudio.com, anda bisa mendapat speaker terbaik dengan berbagai macam pilihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *