4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Audio Mixer Untuk Sound System

Pada suatu studio rekaman besar atau penggunaan sound system profesional, nama audio mixer pasti sudah tidak asing lagi. Perangkat ini memiliki tugas sebagai pencampur suara. Dengan fungsi yang cukup penting, tidak heran jika Anda harus memperhatikan dengan baik produk yang akan dibeli. Simak ulasan berikut sebelum Anda membeli di toko jual audio sound system.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mixing Console

  1. Saluran Input Dan Output

Saat Anda akan membeli audio mixer, maka pertimbangkan input yang akan digunakan. Ada berapa banyak mikrofon? Jenis mikrofon apa yang akan digunakan? Hal ini dianggap penting karena berkaitan dengan input dan juga kualitas audio yang akan dihasilkan. Secara gamblang aspek ini mengutamakan kebutuhan pasokan daya untuk semua input yang dipakai.

Tidak hanya mikrofon, namun Anda juga harus pertimbangkan perangkat musik lainnya. Seperti contoh adalah gitar, bass, atau keyboard. Apakah daya yang dimiliki mixer sudah mencukupi? Selain itu, Anda juga perlu perhatikan ruang kepala yang ada di mixer. Begitu juga dengan sistem suara yang dimiliki mixer, apakah perlu menggunakan mono atau stereo?

  1. Penggunaan

Tanyakan pada diri Anda, mengenai tujuan merakit sound system dan membeli mixer. Sebuah toko jual audio sound system pastinya akan membantu Anda menentukan produk sesuai dengan penggunaan. Apakah sistem untuk merekam, live performance, atau keduanya?Produk yang dipilih harus memiliki kualitas preamp mic, dan penghubunganprosesor yang tepat.

Dalam hal ini, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan efek atau perangkat lain yang mungkin akan digunakan. Apakah akan menggunakan pedal efek, mik eksternal, atau perangkat lainnya? Jika demikian, Anda bisa memilih produk yang tidak memiliki komponen tersebut. Hal tersebut karena efek dari perangkat tambahan akan bentrok dengan efek bawaan.

  1. Kemampuan Equializer

Equalizer atau EQ biasanya berkaitan dengan kebutuhan penggunaan. Jika untuk rekaman studio, maka Anda bisa memilih produk yang bisa menghasilkan suara yang lebih halus. Namun untuk kebutuhan live band, Anda bisa menggunakan mixer dengan kontrol yang lebih simpel. Kontrol tersebut bisa berupa 3 kontrol, yakni frekuensi tinggi, mid, dan bass.

  1. Rute Atau Bus Sinyal

Tempat jual audio sound system yang sudah ahli pasti bisa mengarahkan Anda pada produk yang sesuai. Umumnya pertimbangan ini lebih dibutuhkan untuk penggunaan perekaman. Pasalnya proses perekaman kerap menggunakan banyak perangkat lain, seperti perangkat perekam, headphone, monitor, hingga efek atau komponen eksternal.

Tidak bisa diragukan lagi jika mixing console memiliki tugas penting dalam suatu sistem tata suara. Dengan ide tersebut, pastikan Anda membeli produk yang tepat. Anda bisa cek rute sinyal, input dan output, pengaplikasian, dan juga kemampuan equalizer. Bila Anda bingung mencari produk yang tepat, kunjungi bliaudio.com untuk barang terbaik dan informasi yang lengkap.

Bli Audio menyediakanberbagaimacamproduk audio sound system terbaik di Indonesia, seperti produk speaker aktif terbaik, produk mixer, produk stand monitor, dll. Butuhalat sound system terbaik di Indonesia? Bli Audio solusinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *